Info Lomba, Lowongan Kerja, Beasiswa, dan Tips Terbaru Tahun 2024

3/23/2022

Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu
Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu -- Dimasa pandemi seperti saat ini, banyak orang yang kesulitan bahkan hanya untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. Ada yang berusaha mencari pekerjaan dan ada juga yang menyebar informasi lowongan kerja (loker) yang bertujuan untuk menipu. 

Kebanyakan penipuan terjadi secara online. Maraknya penipuan ini tidak lepas dari semakin pesatnya kemajuan zaman dengan alat-alat elektonik yang canggih. Sebagian orang memanfaatkannya untuk mempermudah pencarian pekerjaan, sebagian menggunakannya untuk hal-hal yang sifatnya merugikan orang lain. 

Ada banyak kasus penipuan loker yang terjadi di Indonesia. Tahun lalu, terdapat ratusan Pencari Kerja (Pencaker) yang tertipu di Karimun (kompas.com). Sebelumnya, seorang gadis juga tertipu setelah melihat loker di Facebook dan status WhatsApp temannya (detik.com). Dan masih banyak lagi kasus penipuan loker lain. 

Baca Juga: Catering Lengkap dan Sehat Untuk Mahasiswa

Ada banyak hal yang menyebabkan penipuan seperti ini sering terjadi. Salah satunya, minimnya pengetahuan seseorang dalam mengenali mana loker yang asli dan mana loker yang palsu.

Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

Kenali Lowongan Kerja Palsu

Berikut adalah ciri-ciri umum loker palsu yang perlu kamu ketahui:

  1. Situs Web & Surel Kurang Profesional

    Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu


    Biasanya situs web & surel yang dicantumkan adalah situs gratisan seperti blogspot, wordpress, gmail, yahoo dan lain-lain. Penipu biasanya tidak punya modal untuk beli domain berbayar.
    Ya iyalah.... Makanya nipu. Hehe....

    Baca Juga: Download Program Kreativitas Mahasiswa Terbaru

  2. Syarat Tipis, Tawaran Jabatan Fantastis

    Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

    Jika ada lowongan yang menawarkan posisi Manajer, tanpa mempertimbangkan pengalamanmu, jangan percaya. Pada dasarnya, untuk mengampu sebuah jabatan perlu skill yang diperoleh lewat pengalaman di bidang tertentu dan itu tidak mudah. Satu hal yang harus dilakukan adalah SKIP!

  3. Bahasa Yang Digunakan Kurang Baku

    Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

    Jadi sebenarnya lowongan di atas sedang mencari karyawan atau kariyawan? Ayo, penulisan mana yang benar? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya....

    Baca Juga: Tips Membuat Ide atau Gagasan saat Menulis

  4. Lokasi Yang Tertera Mencurigakan

    Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

    Jika bukan outsourcing, proses wawancara biasanya dilakukan di lokasi perusahaan sendiri. Loker palsu akan memberikan alamat yang tidak sesuai dengan alamat perusahaan. Silakan cek alamat perusahaan tersebut di situs web resmi untuk memastikan kebenarannya.

  5. Meminta Sejumlah Uang

    Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

    Banyak loker yang meminta sejumlah uang sebagai jaminan akan masuk bekerja tepat waktu atau sebagai investasi awal sebelum mulai bekerja. Jangan mau ya.... Yang ada uangmu raib dan kamu tetap nganggur. Kamu berhak memilih tidak bergabung jika kurang cocok dan investasi yang sebenarnya adalah skill serta pengalamanmu.

Cara Mengetahui Loker Palsu
Marak Penipuan, Begini Cara Mengetahui Loker Palsu

Sebelum mengajukan lamaran dan mengirimkan dokumen-dokumen, silakan melakukan langkah-langkah mudah dibawah ini untuk menghindari penipuan.

  • Cek di Google dengan kata kunci: nama perusahaan+penipuan ataupun sebaliknya,
  • cek website resmi perusahaan untuk memastikan kebenaran informasi,
  • jangan sungkan bertanya dengan teman, keluarga, atau lewat media sosial.

Demikianlah sedikit informasi terkait ciri-ciri umum dan cara mengetahui lowongan kerja palsu. Jika informasi ini bermanfaat, silakan di-share sebanyak-banyaknya. Terima kasih~ 

Baca Juga: Tips Makan Sehat saat Pandemi 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Blog Archive

Daftar Informasi

Acara Adidas Administrasi Agustus AI AK3U Akuntansi AmerikaSerikat April ArabSaudi Artikel Artis Rock's Astro Australia Bahasa BahasaInggris BakmiGM Bandung Bank Banten Batam Beasiswa BeasiswaIndo BeasiswaUnggulan Bekasi Belanda BERBAYAR Biologi Bisnis Bogor Brebes BUMN Cianjur Cirebon ContohEsai Covid CustomerRelations CyberSecurity D3 DaftarOnline DataAnalyst Denpasar Desain Desember Development DezanShiraAssociates DigitalMarketing Direktur Disabilitas Dosen Download Drone Editor Ekonomi Energi Esai ESH Event Extended Facebook Fashion Februari Figma Filipina Finance Freelance FreshGraduate GA Gagasan GarisTemu Geodesi Geografi Geometri GIS Grafis GRATIS Guru Hadiah Uang HastariCorp HR HSE Huawei Hybrid Ide ImplementingOfficer India Indonesia Industri Info Kompetisi Info Lomba InfoGrafis Inggris Instagram Internasional Internet Interview Inventory IPB ISO IT ITB ITS Jakarta JakartaBarat JakartaSelatan Januari JawaBarat JawaTengah Jepang Jerman JetCommerce Juli Juni Jurnal Jurnalisme K3 KA Kaizen KalimantanTimur Kargo Karir KCII Kebayoran Kehutanan Kerja Kesehatan Keuangan KMKGroup KOLITA Komunikasi Komunitas Konferensi Konten Kotabaru KutaiTimur Leader LibertySociety Lingkungan Linguistik LinkedIn LKTI Logistik Lokasi Loker Loker Palsu LokerDesainGrafis LokerOnline Lomba Lomba Menulis LuarNegeri Magang Mahasiswa Majalengka Makalah Makan Sehat Malaysia ManagementTrainee Manager Manajemen Mandarin Manufaktur Maret Maritim Marketing Medan MediaSosial Mei Menulis MicrosoftOffice Mobile Modal Sosial Moladin Morowali November Obat Herbal Oktober Olimpiade Olrange PA Paliaman Pandemi Pelajar Pendidikan Peneliti Penelitian Pengalaman Penipuan Penulis Perpustakaan Indonesia Pertambangan Perusahaan Photoshop PKM POLINES Populer PouYuenIndonesia PowerPoint Presentasi ProcurementManager Program Kreativitas Mahasiswa Programmer Promosi Properti Proyek Psikologi PTGandaAlamMakmur PTHastariNawasenaEnergi PTIndocementTunggalPrakarsaTbk PTKapalApiGlobal PTLiminMarineOffshore PTMasterSteel PTMastertamaAdhiPropertindo PTNojoronoTobaccoInternational PTSelaluCintaIndonesia PTTahSungHung Purchasing RecruitmentOfficer Reels Rekomendasi Relawan ResearchAnalyst Restoran Revitalisasi Riset Robot S1 S2 S3 SafetySupervisor SAINS Salatiga Sales SAP Sarjana Sastra Semarang Seminar SeminarBerbayar Seni SentralCargo September Serang Serpong SFII SiCreatives Situs Web Skha SKK SMA SMK3 Staf StaffIEDataAnalyst Sulawesi SumateraUtara Support Surabaya Tangerang Tarjun Tarumanagara Teknik TeknikIndustri Teknologi Telegram Telekomunikasi Thailand TikTok Tiongkok Tips TOEFL Training TransTV Trik Turki TurunTangan TV UGM UI UMUM UNAIR UNBRAW UNDIP UNICEF UNIFAM Unimed UniversitasIndonesia UNS Usaha Video Videografer Vietnam Wardrobe Web WebDevelopmentIntern WhatsApp YayasanSINTASIndonesia Yogyakarta

MUNGKIN ANDA SUKA